Rabu, 20 November 2013



 "Melihat HMI komisariat persiapan Medis Kedepan"
Pendahuluan
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kita masih diberikan kesempatan untuk senantiasa terus mencoba menjalankan tugas kita sebagai khalifah fil Ardh yang didasari oleh sifat merdeka dan demokratis serta obyektif dan rasional.
       Shalawat serta salam tidak lupa senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, seorang revolusioner sejati pendobrak kebatilan, pendobrak tradisi jahiliyah serta menggantikannya dengan peradaban agung, serta pembela dan pelindung kaum tertindas. Sifat kepeloporan, keberanian dan kritis yang dilandasi pada obyektifitas harus senantiasa menjadi inspirasi buat kita semua sebagai mahasiswa yang harus memerankan dan melaksanakan peran serta fungsinya dengan baik.
       Di tengah-tengah kondisi kebangsaan akhir-akhir ini yang sangat memprihatinkan, di mana terjadi pergeseran dalam setiap sendi kehidupan, pergeseran nilai, budaya dan gaya hidup. Arus globalisasi dengan jargon modernisasi banyak berperan dalam membentuk watak dan perilaku sosial masyarakat baik secara individu maupun organisasi termasuk mahasiswa di dalamnya.

        
        Berbicara mahasiswa, peran dan fungsi yang diemban bukanlah hanya sekedar menuntut ilmu di bangku perkuliahan. Fungsi lain yang harus diperankan mahasiswa adalah sifat kepeloporan dalam setiap bentuk dan proses perubahan masyarakat. Karena itu mahasiswa berfungsi sebagai duta-duta pembaharuan masyarakat atau “agent of social change” yang terlepas dari kepentingan-kepentingan apapun kecuali kepentingan kebenaran dan obyektifitas demi kebaikan dan kebahagiaan masyarakat hari ini dan masa depan.
       Dalam menjalankan peran dan fungsinya tersebut tentunya perlu ditopang oleh sebuah wadah yang menjadi “kawah candra dimuka” tempat untuk menggodok dan mematangkan konsep dan ide tentang perubahan, kepeloporan, kemerdekaan, keberpihakan, kebenaran serta keberanian. Karena pada dasarnya wadah tersebut adalah sebagai alat perjuangan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Pada dasarnya itu menjadi sebuah pengharapan kita semua bahwa wadah tersebut bisa menjadi tempat untuk mengaktualisasikan semua potensi yang dimilikinya dalam bidang akademis maupun organisasi, sehingga mampu memberikan pembelajaran di awal sebelum nantinya terjun ke dunia yang lebih menuntut dirinya untuk mampu memainkan peran dan fungsinya secara maksimal.
Himpunan Mahasisawa Islam adalah organisasi yang menjadikan Islam sebagai sumber nilai, motivasi dan inspirasi bahwa HMI berstatus sebagai organisasi mahasiswa, berfungsi sebagai organisasi kader dan yang berperan sebagai organisasi perjuangan serta bersifat independen. HMI secara kuantitatif merupakan lembaga pengabdian dan pengembangan ide, bakat dan potensi, yang mendidik, memimpin dan membimbing anggota-anggotanya untuk mencapai tujuan dengan cara-cara perjuangan yang benar dan efektif.

Kondisi Objektif
          Dalam satu kepengurusan komisariat persiapan medis hari ini, telah mampu mencetak beberapa kegiatan yang menarik minat para Mahasiswa di kampus II. Ini terlihat dalam keberhasilannya melaksanakan LK I sebanyak 2 kali, yaitu LK I yang pertama bertempat di asrama Buen Kesong Kalimantan Timur, Tlogomas dengan jumlah kader yang ikut sebanyak 49 orang pada tanggal 22-24 Oktober 2010. Sedangakan LK I yang ke 2 dilaksanakan di Sekretarian HMI Cabang Malang dengan jumlah peserta sebanyak 9 orang pada tanggal 23-25 Desember 2011.
          Persiapan Medis juga berhasil melaksanakan 3 kali maperca, yang pertama di kafe JM Siguara-gura pada tanggal 17 Januari 2011 di laksanakan dengan jumlah peserta 24 orang. Maperca kedua dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2012 di Komisariat Kedokteran UB yang dirangkai dengan belajar bersama dengan jumlah peserta 18 orang dan yang ketiga dilaksanakan di Sekretariat HMI Cabang Malang pada tanggal 01 Maret 2013 dengan peserta 11 orang.
Sampai hari ini jumlah anggota biasa komisariat persiapan Medis secara keseluruhan adalah 66 orang. Dan dari jumlah tersebut komisariat persiapan Medis telah mampu mengisi dan mewarnai lembaga intra di Kampus II baik di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, baik di fakultas kesehatan maupun di fakultas kedokteran. Institusi HMI Cabang sebagai penanggungjawab perkaderan di internal Malang tentunya harus segera merespon hal ini dan harapan besar kader-kader HMI Korkom UMM untuk HMI Cabang Malang dapat merealisasikan cita-cita pembentukan komisariat persiapan medis UMM karena ini merupakan bagian dari ikhtiar kita bersama untuk membina intelektual-intelektual yang didasari oleh kualitas insan cita sebagaimana tersirat dalam tujuan HMI serta akan menjadi agen-agen yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil ’alamin.
Dalam pelaksanaan aktivitas anggota-anggota komisariat persiapan medis UMM perlu adanya tempat yang tidak hanya sebagai wadah untuk aktivitas diskusi dan proses belajar akademik juga sebagai pusat informasi dan sekretariat. Maka sebagai tempat sekretariat sementara untuk anggota-anggota komisariat persiapan medis UMM bertempat di Perumahan Landung Sari Asri Blok C No. 78, Tlogomas Malang. Tidak hanya dalam hal sekretariat, dalam penataan perkaderan sebagai ranah pengembangan diri kader kesehatan telah adanya beberapa kader yang didistribusukan di lembaga intra dan pembentukan lingkar studi dalam hal peningkatan kapasitas keintelektualan baik secara teoritis juga secara praksis.






1 komentar: